Jumat, 11 November 2011

Batuk yang Tak Berujung

Sepertinya ini akibat suhu Jogja yang belakangan ini duinguiiin banget kalo pagi hari. Padahal siangnya puanuaaass banget. Udah berasa iklim kontinental padang pasir aja nih, ckck. Global warming.
Cuaca yang agak ekstrim ini bikin sistem imun saya down. Beberapa minggu yang lalu bersin-bersin (semoga bukan karena digosipin) sekarang tenggorokan gatel dan batuk tiap beberapa menit sekali (kalo saya tahan) dan tiap satu menit (kalo saya biarkan).

Ya, jadi sekarang saya lagi batuk. Ga parah2 amat sih, paling nggak suara saya nggak ilang kayak yang saya alami pas waktu SMP dan SMA dulu (bener2 ilang blass sampe2 saya berkomunikasi lewat kertas dan itu sangat tidak efektif dan efisien). Sekarang suara saya masih ada, alhamdulillah, padahal kemaren dibawa karaoke, lagu2 My Chemical Romance pula -_- Alhamdulillah bener suara saya ga ilang.

Tapi, pernahkah kamu merasakan betapa mengganggunya suara "ahak-uhuk-ehem" yang muncul tiap beberapa menit di ruang kelas? Nah, saya terganggu dengan diri saya sendiri karena saya pikir suara batuk saya yang seksi itu pasti mengganggu proses belajar. Pingin sih nahan batuk, tapi tenggorokan saya jadi gatal sekali kayak ada nyamuk beranak di dalamnya dan akhirnya keluarlah suara "ahak-uhuk-ehem" itu.

Cuma, saya perhatikan sih, kalo saya lagi semangat ngomong, biasanya HIB (Hasrat Ingin Batuk) itu ga muncul. Contohnya tadi pas presentasi di kelas. Saya ga terbatuk-batuk pas lagi jelasin teori belajarnya Guthrie, Gestalt, dan Bandura. Tapi pas saya lagi nganggur di kursi pas nunggu giliran presentasi, masya Allah batuknya awet banget. Batuk yang tak berujung. Otot perut saya sampe capek karena ikut berkontraksi pas batuk2 keras. Giliran maju presentasi, eeeh, batuknya sembunyi. Alhamdulillah :D

Kenapa ya kira2? Apakah ada sesuatu yang bisa menahan HIB? Dan apakah sesuatu itu berupa stimulus yang secara psikologis lebih kuat daripada HIB itu sendiri? Misalnya, karena saya presentasi tadi saya ingin tampil maksimal, stimulus internal ini mengalahkan stimulus biologis berupa rasa gatal di tenggorokan? Entahlah. Menarik juga kayaknya untuk didalami 8)

Anyway, karena saya batuk2, batuk yang tak berujung, segini dulu aja deh postingnya #ga nyambung.
Seperti biasa, hanya ingin berbagi perasaan, berbagi cerita.
Share it all with joy! ;)
Dan tidak lupa berdoa: Ya Allah, berikanlah saya kesehatan, jasmani dan rohani. Amin.
Get well soon for myself... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar