Senin, 09 Januari 2012

Tentang Ayam Panggang


Pada suatu waktu, kamu pasti akan merasakan jalan hidupmu diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa. Oke. Tidak perlu membayangkan hal-hal yang “wah” dan dramatis. Cukup kejadian kecil saja. Saya pernah mengalami sensasi seperti ini.

Malam itu, beberapa bulan lalu, saya sedang latihan paduan suara. Awalnya ga pengen datang, kondisi lagi tidak fit, kondisi emosi juga tidak fit (baca: males). Saya juga belum makan dari siang. Perut saya keroncongan. Membayangkan sehabis latian bakal pulang dan, biasanya, di rumah udah ga ada lauk tersisa, saya pun berencana membeli ayam panggang di Kafetaria buat makan malam. Membayangkan ayam panggang yang harum dan gurih itu membuat saya hampir meneteskan air liur. Pasti enak banget rasanya mengganyang ayam hangat di malam hari yang dingin saat perut benar-benar lapar (menulis tentang ayam ini saja udah bikin saya lapar sekarang).

Pucuk dicinta ayam pun tiba! Habis latian, saya langsung ngacir membeli ayam panggang untuk dibawa pulang. Tanpa nasi sih, karena biasanya nasi masih ada di rumah. Setelah membayar dan ayam panggang sudah terbungkus rapi, saya pulang dengan hati senang.

Di perjalanan, di perempatan Sagan, saya terhambat lampu merah. Selagi menunggu, saya didatangi seorang anak jalanan yang mengemis. Bocah lelaki itu menegadahkan tangannya dengan tampang memelas. Aduh...saya ga punya duit kecil dek, batin saya. Baru saja saya hendak memberikan isyarat “tidak ada duit kecil” dengan tangan saya, tiba-tiba saya ingat ada sepotong ayam di tas saya. Dengan proses kognitif tidak sampai lima detik, saya memutuskan untuk memberikan saja ayam itu. Menimbang: 1) Anak jalanan pasti lapar. Daripada dikasi uang trus nanti mungkin dipotong sama orang yang biasanya nyuruh mereka ngemis, mending langsung kasi makanan, atau 2) Mungkin juga dia ga lapar. Tapi siapa yang mau nolak makanan? Ayam panggang! Jarang2 nih anak nyentuh ayam, nasi aja boro2 kali! Daripada dikasi duit trus –agak su’udzon sih- dibeliinnya rokok atau buat ngecat rambut, mending dikasi kebutuhan pokok aja. Memutuskan: Kasi aja, Nad!

Akhirnya saya buka tas saya, menyerahkan bungkusan ayam panggang itu, sambil berkata, “Ini aja ya dek, ambil buat makan malam.” Saya tidak sempat melihat ekspresinya secara jelas, tapi kayaknya dia agak bengong waktu saya kasi. Dan saat itu juga lampu merah berubah hijau dan saya melaju bersama motor saya, meninggalkan si anak dengan ayam panggangnya.

Selagi bermotor, senyum saya perlahan-lahan mengembang. Selama perjalanan pulang, senyum ini terus menghiasi wajah saya. Perasaan capek sehabis latian hilang seketika. Saya merasa senang bisa memberikan satu asupan gizi buat si anak. Ah, seandainya saya tadi memutuskan tidak datang latihan. Seandainya sebelum latihan saya makan jadi ga kelaperan dan ga kepikir membeli ayam. Saya langsung mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kesempatan malam ini. Saya tertawa dalam hati. Ckckck, jarang2 saya beli makanan untuk dibawa pulang. Tapi entah kenapa malam itu saya merasa, “Saya harus mendapatkan ayam ituuu!” Dan ternyata itulah jalan-Nya untuk memberi saya sebuah kesempatan untuk melakukan kebaikan.

NB: Ternyata di rumah masih ada lauk dan nasi. Alhamdulillah saya ga jadi kelaperan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar