Senin, 05 Desember 2011

Apartment?

Selintas muncul pemikiran di dalam kepala saya yang kecil ini: Apakah apartemen (English: apartment), hunian elit dengan jaminan privasi luar biasa sampai-sampai kamu terlindungi dari berita kematianmu sendiri, memang ada hubungannya dengan usaha untuk memisahkan kita dengan lingkungan sosial?
Dari kata apartment sendiri, saya sudah mencium bau-bau antisosial yang samar.
Apart artinya terpisah; terlepas; tersendiri; berjauhan; bercerai-berai.
Bila ditambah dengan imbuhan -ment di belakangnya, kata sifat apart berubah menjadi sebuah kata benda baru, apartment. Walaupun kata tersebut berarti "apartemen", saya rasa sifat apartemen yang terpisah dan individual itu ada kaitannya dengan kata sifat apart.
Ya, saya curiga, apartment tidak hanya memiliki arti "apartemen" tetapi juga "sebuah keadaan terpisah; terlepas; tersendiri; berjauhan; tercerai-berai; pemisahan; pelepasan; penjauhan; dan penyendirian."

Sepertinya saya tertarik mempelajari Psikolinguistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar