Selasa, 07 Februari 2012

Coloured Things Are Not Always Good

Saya suka ngemil. Mungkin lebih suka ngemil daripada makan, kalo melihat ukuran badan saya. Saya suka makan beraneka kripik beraneka rasa. Semakin suka kalo sambil nonton TV, ngerjain tugas, atau onlen. Tapi, setelah saya menonton salah satu acara di stasiun TV, tingkat kesukaan saya terhadap ngemil kripik berkurang sedikit.

Singkat saja, isi acara itu adalah melaporkan penjual kripik terkutuk yang menggunakan bahan-bahan berbahaya untuk membuat kripik. Mulai dari dedak (yang lebih cocok masuk ke perut hewan daripada manusia), pewarna tekstil, sampai bahan pengawet yang sempet nge-trend: BORAX. What the...

Well, kontan saya langsung bergidik melihat tayangan itu. Apalagi yang ditayangkan adalah kripik rasa keju (yang ternyata bumbunya adalah campuran bubuk keju dan pewarna tekstil) dan kripik pedas (yang bubuk cabenya juga dicampur dedak). Saya berpikir "OMG, apa sih yang penjual ini pikirin?! Memangnya kita ternak yang hobi ngemil dedak warna-warni?!"

Tapi ya...balik lagi, keuntungan mungkin membuat seseorang rela melakukan perbuatan curang, termasuk membunuh orang secara perlahan-lahan dengan bahan-bahan berbahaya. Pikiran seperti ini dapat saya pahami, tetapi tidak dapat saya benarkan. Yang jelas, mulai sekarang saya harus lebih berhati-hati dalam memilih cemilan. Saya yakin sih, cemilan yang saya beli cukup aman, karena kalo melihat tampilan kripik di tayangan tersebut, kripiknya memang ga dijual dalam bungkus besar, melainkan dalam plastik2 kecil yang biasanya buat ngebungkus kacang goreng di angkringan. Oke, saya bisa menarik napas lega...tapi tetep, saya merasa harus lebih teliti, siapa tau yang dijual di toko2 besar pun ga lolos dari teror BORAX, pewarna tekstil, dedak, dkk....

Zaman sekarang memang agak susah kalo mau benar2 percaya tanpa sedikit memasang kecurigaan, khususnya dalam dunia percemilan. Tampilan kripik yang menggoda, renyah, dan aromanya yang maknyus kadang2 melenakan saya, dan kalau sudah terlena biasanya kita kurang awas. So, sekarang berhati-hatilah memilih makanan. Terutama makanan yang berwarna terlalu cerah, lebih cerah dari seharusnya. Siapa tau itu sihir pewarna tekstil. Atau cat air. Atau cat tembok. Atau entah apa lagi yang dicampurkan oleh orang kreatif tapi licik seperti di tayangan tersebut.

Karena yang berwarna-warni tidak selalu baik.

4 komentar:

  1. Kripik opo tho? Bangsane kripik singkong panjang-panjang nek ra sing pipih pipih yo?
    Sing ngaranku kenthir ki sing ben menjaga kerenyahan, njut gorengan dicampur plastik. Kui ra waras. Ra bakal ono wes, wong awam kok iso mikir plastik digoreng ki njut iso nggawe makanan dadi renyah. Aku dadi kepikiran kui le enthuk ide soko endi. Opo ojo-ojo ono mahasiswa sing ngerti kandungan-kandungan kimia njut ngenehi ide nek plastik iso nggawe panganan renyah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kripik2 singkong gtu, tapi si pelaku juga ga bikin pake singkong asli...banyakan tepungnya. Trus dikasi BORAX biar renyah =___=
      Iya lho, aneh2 aja itu idenya. Sakjane nek dipikir yo pinter, mesti ilmu kimiane apik :p
      Sek terbaru ki madu terbuat dari kanji, dll termasuk formalin juga. Padahal botole yo bermerek...
      Suwei2 hewan peliharaan juga dipakein pewarna tekstil biar warnanya lebih imut -,-

      Hapus
    2. Koyo misale kripik singkong rasa keju ngono? Aku mung bingung wae iki kripik singkong sing piye, soale biasane sik nang kantin ngono kan warnane yo oranye-oranye gitu.
      Emange adhewe cah cilik yo ngiler ndelok warna menclang-mencling. Adhewe ngemil kripik kan mergo rasane. Njelei tenan wkwkkw
      Dadi eling sing ayam dicat kae. Biyen SD koyone kerep ndelok. Opo yo kui ra malah mesakne.

      Hapus
    3. Iyo, ning akehan tepung ketimbang singkonge, bedo lah karo kripik singkong asli, wkwkwk
      Paling yo hargane 500-an, soale plastik cilik og. Modale yo ora akeh.
      Penjual sing curang ki yo ra sugih2 yo...hahaha. Lha carane nggolek duit ra halal og :P Tetep wae ra terkenal kripik buatane.

      Hapus